hubungi kami di : marta.diputra@yahoo.co.id

marta.diputra@yahoo.co.id

Jumat, 07 Oktober 2011

belajar komputer

Selamat datang para pengunjung computer-pemula.blogspot.com
Bukan bermaksud menggurui atau lebih pintar, hanya sekedar untuk membagi ilmu yang saya punya. Walau hanya sedikit semoga berguna bagi semuanya.

Menyembunyikan garis-garis merah di lembar kerja Ms. Word


Anda pasti pernah mengalami saat mengetik di Ms. Word, hasil ketikan yang anda buat terdapat garis-garis warna merah kadang juga berwarna hijau. Kadang tidak semua kata yang kita tulis ditandai garis-garis tersebut, jika anda perhatikan kata-kata dalam bahasa inggris atau singkatan yang terdiri dari susunan huruf kapital tidak terdapat garis-garis tersebut.
Memang secara bawaan dalam Ms. Word selalu memeriksa ejaan kata yang kita tulis, hasil pemeriksaan ini ditandai dengan garis-garis warna merah tersebut jika kata-kata yang kita tulis bukan termasuk ejaan yang benar dalam bahasa inggris. Sebenarnya hal ini tidak masalah tapi terkadang bagi sebagian orang bisa mengganggu.
Untuk menyembunyikan garis-garis tersebut caranya adalah, buka menu Tools -> Options, pilih Spelling & Grammar. hilangkan centang pada Check spelling as you type, atau biarkan centangnya ada tapi beri centang juga pada Hide spelling errors in this document.

Trojan

Istilah trojan berasal dari troya dalam sejarah Yunani. Setelah 10 tahun mengurung Troya, Yunani membuat taktik baru untuk mengalahkan Troya. Yunani membangun sebuah patung kuda berukuran raksasa untuk dihadiahkan kepada Troya. Padahal, di dalam patung itu terdapat bala tentara Yunani yang bersembunyi. Sementara, tentara Yunani yang mengurung Troya bersembunyi sehingga seolah-olah Yunani rela melepaskan Troya.
Troya menerima patung kuda itu dan diletakkan di dalam benteng. Tengah malam, pasukan Yunani keluar dari patung kuda dan merangsek dan berhasil menduduki Troya.
Istilah Kuda Troya ini kemudian digunakan untuk malware yang seolah-olah merupakan program yang berguna, yang menghibur, yang menyelamatkan, padahal di balik itu ia merusak. Kuda ini bisa ditunggangi oleh malware lain seperti virus, worm, spyware. Troya dapat digunakan untuk menyebarkan atau mengaktifkan mereka.
Bisa saja suatu program dibuat seolah-olah adalah antivirus gratis. Memang program itu menghapus suatu virus, tapi ternyata selain itu ia juga memasukkan virus lain ke dalam komputer.
Bedanya dengan virus dan worm, Troya tidak dapat menggandakan diri. Tapi virus atau worm yang numpang di dalamnya bisa saja.
Sumber: PC+

Browser Hijacker

Browser hijacker merupakan software pembajak yang menyerang browser seperti Internet Explorer. Selain karena Internet Explorer adalah buatan Microsoft, raksasa penghasil perangkat lunak yang produknya sering dijadikan sasaran serangan cracker, Internet Explorer adalah browser yang paling banyak digunakan orang untuk berinternet.
Biasanya browser hijacker mengarahkan browser yang seharusnya menampilkan situs yang sesuai dengan alamat yang dimasukkan ke situs lain. Selain itu contoh lain yang bisa dilakukan oleh pembajak ini adalah menambahkan bookmark, mengganti home page, serta mengubah pengaturan browser.
Sumber: PC+

Keylogger

Keylogger merupakan suatu software yang bisa mencatat semua tekanan pada tombol keyboard. Catatan yang disimpan dalam suatu file yang bisa dilihat kemudian itu lengkap. Di dalamnya bisa terdapat informasi seperti aplikasi tempat penekanan tombol dilakukan dan waktu penekanan. Dengan cara ini seseorang bisa mengetahui username, password, dan informasi-informasi lain yang dimasukkan dengan cara pengetikan.
Pada tingkat yang lebih canggih, keylogger mengirimkan log yang biasanya berupa file teks itu ke seseorang. Tentu saja itu dilakukan tanpa sepengetahuan si korban. Pada tingkat ini pula keylogger bisa mengaktifkan diri ketika pengguna melakukan tindakan tertentu.
Keylogger ini cukup berbahaya karena secanggih apapun enkripsi yang diterapkan oleh suatu website, password itu diambil sebelum sempat dienkripsi oleh sistem. Hal itu karena keylogger merekam sesaat setelah password diketikkan dan belum diproses oleh sistem.
Sumber: PC+

Wabbit

Istilah ini mungkin asing, tapi memang ada malware tipe ini. Seperti worm, wabbit tidak membutuhkan suatu program dan dokumen untuk bersarang.
Tetapi berbeda dengan worm yang menyebarkan diri ke komputer lain menggunakan jaringan, wabbit menggandakan diri secara terus-menerus di dalam sebuah komputer lokal dan hasil penggandaan itu akan menggerogoti sistem.
Kinerja komputer akan melambat karena wabbit memakan sumber daya yang lumayan banyak. Selain memperlambat kinerja komputer karena penggunaan sumber daya itu, wabbit bisa diprogram untuk memiliki efek samping yang efeknya mirip dengan malware lain. Kombinasi-kombinasi malware seperti inilah yang bisa sangat berbahaya.
Sumber: PC+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar